Sabtu, 20 Desember 2014

Jenis-Jenis Layar Smartphone

Assalamualaikum.wr.wb
Pada jaman ini smartphone semakin diminati. hampir semua perangkat elektronik memanfaatkan teknologi layar sentuh ini(touchscreen). Ada banyak orang tidak mengetahui jenis layar sentuh itu. Padahal ini sangat penting, Karena setiap touchscreen memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. berikut ini ada beberapa jenis layar smartphone yang dapat menjadi perbandingan anda sebelum membeli sebuah smartphone.

Layar TFT
TFT (Thin Film Transistor) adalah tipe layar yang menggunakan teknologi LCD berwarna terbaru sehingga mampu menghadirkan ketajaman warna lebih baik, jenis teknologi layar ini disebut Active-Matrix Color Display. Layar TFT menempatkan transistor di setiap piksel layar yang mampu dinyalakan dan dimatikan secara individual. Terdapat kelemahan dari layar LCD jenis TFT ini, yaitu relatif lebih mahal dan konsumsi baterai lebih besar.

Layar IPS LCD
Layar IPS LCD merupakan salah satu teknologi LCD TFT untuk meningkatkan kualitas reproduksi warna dan viewing angle yang lebih luas. Saat dilihat dari sudut pandang yang ekstrim pengguna masih dapat melihat layar dengan baik. Konsumsi daya layar ini lebih besar seperti halnya layar TFT. Teknologi panel IPS diklaim yang terbaik dilihat dari tingkat keakuratannya dan kedalaman warna yang baik.

Layar OLED
Organic Light-Emitting Diode (OLED) adalah komponen yang terdiri dari film tipis yang berasal dari molekul organic yang menciptakan cahaya berkat adanya rangkaian listrik. OLED terbuat dari bahan organik (berbasis karbon) yang memancarkan cahaya ketika dialiri listrik. Karena OLED tidak memerlukan backlight dan filter (seperti display LCD), dari segi konsumsi daya, mereka lebih efisien dan lebih tipis. OLED sendiri memiliki banyak keuntungan seperti :
  • Tampilan OLED baru dan menarik. Layar terbuat dari gabungan warna dalam kaca transparan sangat tipis sehingga ringan dan fleksibel.
  • Kemampuan OLED untuk beroperasi sebagai sumber cahaya yang menghasilkan cahaya putih terang saat dihubungkan dengan sumber listrik.
  • Konsumsi daya listrik yang rendah dan terbuat dari bahan organik menjadikan OLED sebagai teknologi ramah lingkungan.
  • Biaya operasional yang relatif rendah dan proses perakitan yang relatif sederhana dibandingkan LCD. OLED dapat dicetak ke atas substrat yang sesuai dengan menggunakan teknologi pencetak tinta semprot (inkjet printer).
  • Memiliki jangkauan wilayah warna, tingkat terang, dan tampilan sudut pandang yang sangat luas. Piksel OLED memancarkan cahaya secara langsung sedangkan LCD menggunakan teknologi cahaya belakang (backlight) sehingga tidak memancarkan warna yang sebenarnya.

AMOLED

AMOLED merupakan kependekan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diode, yaitu jenis teknologi layar yang dihasilkan dari hasil perpaduan antara teknologi OLED dan active matrix TFT LCD konvensional. AMOLED merupakan bentuk pengembangan dari layar OLED pasif biasa, yang dapat mengubah setiap piksel dengan efisien dan secara langsung.
Jenis teknologi layar ini dikembangkan oleh Samsung dari layar OLED pasif biasa. Dari hasil inovasi terciptalah layar sentuh atau touchscreen pertama didunia yang berbasis OLED yang diberi nama AMOLED.
Kelebihan Smartphone ataupun Tablet yang menggunakan jenis layar AMOLED antara lain;
  • Mampu menghasilkan tingkat ketajaman yang sangat sempurna, serta dapat menghemat daya hingga 40% lebih kecil dibanding jenis layar lainnya.
  • Mampu memberikan tampilan yang terbaik meski berada dibawah sinar matahari sekalipun.
  • Memiliki konfigurasi warna RGB sehingga dapat menampilkan warna foto dan video dengan tingkat kecerahan dan ketajaman yang sangat baik.

Super AMOLED

Super AMOLED adalah istilah Samsung untuk layar AMOLED dengan beberapa peningkatan pada integrasi ‘sentuhan’ layar dan tingkat kecerahan.
Secara teknik Super AMOLED ini terdapat lapisan yang mendeteksi sentuhan yang lansung diintegrasikan ke layar, sementara AMOLED masih overlay di atasnya. Untuk peningkatan di kecerahan, ketika di luar ruangan dan terkena sinar matahari Super AMOLED akan lebih bisa menyesuaikan dibandingkan AMOLED hingga 5x.

Super LCD

Super LCD atau S-LCD adalah teknologi layar yang digunakan oleh banyak produsen untuk menampilkan perangkat mobile. Panel Super LCD diproduksi oleh S-LCD Corporation.
Super LCD berbeda dari LCD biasa, dia tidak memiliki celah udara antara kaca bagian luar dengan elemen layar. Sehingga mengurangi silau dan pengguna merasa “lebih dekat” ke layar itu sendiri. Manfaat Super LCD juga termasuk konsumsi daya yang rendah dan meningkatkan visibilitas di luar ruangan. Super LCD telah digantikan oleh yang lebih baru super LCD2 (S-LCD2) display.
sebelum anda membeli smartphone sebaiknya anda cermati dulu smartphone tersebut dengan baik. 
Ya itu dia jenis-jenis layar yang terdapat pada smartphone Cukup sekian post saya berikan semoga bermanfaat  

RULES
- Berkomentar dengan bijak
- Kalau bisa komentarnya relevan
- Gunakan bahasa indonesia yang baik
- Komentar tidak boleh mengandung unsur Sara/Kasar

 
notifikasi
close